Bayangkan ini terjadi pada hari-hari kerja kita: kita bangun pagi dengan segar, menyempatkan berolahraga selama dua puluh menit, menikmati sarapan bersama keluarga, lalu hadir di kantor tepat waktu. Jika kita berkantor di ibu kota, pergi atau pulang tidak menjadi semacam “pertarungan di jalan”. Tekanan dapat diminimalkan; keletihan bisa dikurangi. Yang lebih bernilai lagi: ada waktu untuk melakukan hal-hal lain yang berarti.

Sekarang bayangkan kenyamanan yang sama kita rasakan pada hari-hari libur. Kita bisa menyegarkan hati dan pikiran dengan bepergian, setelah melewati lima hari yang padat, tetapi tidak perlu berpayah-payah karena macet. Tanpa melawan arus kendaraan yang menggila, kita bisa tiba di pusat hiburan dalam waktu kira-kira tiga puluh menit. Bersantai di kedai kopi, makan siang di restoran nyaman, atau berbelanja barang yang diidamkan lebih menyenangkan.

Mari kita kaitkan kemudahan-kemudahan itu dengan pilihan bermukim. Bagi kita yang merupakan bagian dari kaum pekerja, apalagi berumah tangga pula, dua kriteria di atas bisa jadi kita dambakan demi kualitas hidup yang lebih baik. Bila kita berbicara lebih jauh, yaitu hingga ke rencana masa depan, ada satu hal yang bisa dipertimbangkan dengan serius: kota mandiri.

Kota mandiri, secara eksplisit, adalah kota yang dapat berdiri sendiri. Karena berfungsi untuk mengoptimalkan lahan yang tersedia, kota mandiri melengkapi dirinya dengan sejumlah fasilitas publik yang terintegrasi, seperti universitas, pusat perbelanjaan, dan perkantoran. Penghuni kota mandiri tidak perlu ripuh keluar dari kawasan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena apa yang ia cari dapat ditemukan tidak jauh dari klaster hunian.

Kota Deltamas: Kota Mandiri Berkelas Dunia dengan Konsep Menyeluruh

Kota Deltamas dihadirkan oleh PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) dan PT Pembangunan Deltamas sebagai kota mandiri seluas 3200 Ha dengan tiga kawasan terpadu: kawasan hunian, kawasan komersial, dan kawasan industri. Kota mandiri ini merupakan joint venture antara Sinar Mas Land, perusahaan properti termasyhur di Indonesia, dengan Sojitz Corporation, perusahaan general trading raksasa asal Jepang.

Kota Deltamas yang berikon lambang Delta (huruf “D”) ini memiliki beberapa keunggulan yang laik kita soroti sebagai pertimbangan bermukim di kota mandiri. Lebih dari memberi kemudahan dan kenyamanan harian, Kota Deltamas menawarkan sejumlah kelebihan lain yang akan membuat kita terpikat. Sudah mempersiapkan baik-baik anggaran dan rancangan? Simak uraian berikut dengan saksama.

• Kota Mandiri Bertaraf Global

Sumber gambar: Canva

Sebagai kawasan industri yang strategis dan potensial, Kota Deltamas telah mengundang minat perusahaan-perusahaan luar negeri untuk membuka pabrik mereka, misalnya dari Amerika Serikat dan Taiwan. Dibentuknya Greenland International Industrial Center (GIIC) dan Kawasan Industri Terpadu Indonesia China (KITIC) adalah bukti keseriusan Kota Deltamas dalam membangun kawasan industri bermutu internasional.

Kawasan industri Greenland International Industrial Center | Sumber gambar: Kota Deltamas

Tentu banyak ekspatriat yang menduduki permukiman, entah dalam bentuk rumah pribadi, hotel, apartemen, atau indekos. Hal ini menjadikan Kota Deltamas sebagai kota mandiri yang majemuk, yang terdiri dari penghuni-penghuni berlatar belakang kebangsaan berbeda. Dampaknya, sarana publik yang disediakan dibuat bermutu internasional pula. Sebagai contoh, sekolah dengan kurikulum Jepang (Cikarang Japanese School) direncanakan akan dibuka pada April 2019.

• Hunian Nyaman Bagi Seluruh Keluarga

Sumber gambar: Canva

Kota Deltamas berkomitmen untuk memanjakan penghuninya dengan lingkungan yang ideal. Untuk mendukung kehidupan sosial yang lebih baik antar anggota keluarga atau penghuni, dibentuk cluster park dan club house dengan berbagai fasilitas yang mendukung aktivitas kemasyarakatan. Jadi, seolah-olah stereotip bahwa kota identik dengan masyarakat yang individualis ingin ditepis oleh kota mandiri ini.

Mengusung konsep hijau, Kota Deltamas memberi ruang terbuka yang difungsikan sebagai paru-paru kota. Hal ini menjadikan Kota Deltamas ramah bagi anggota keluarga yang sangat rentan terhadap polusi udara, misalnya ibu hamil dan balita. Bagi kita yang hendak atau telah memiliki anak, tempat tinggal dengan udara bersih tentunya menjadi salah satu perhatian prinsipiel.

Konsep hijau di klaster hunian Kota Deltamas | Sumber gambar: Kota Deltamas

• Harga Ideal untuk Kantong Milenial

Sumber gambar: Canva

Aku adalah bagian dari generasi milenial, dan tulisan ini terutama kutunjukkan bagi kamu yang sebaya denganku. Mengingat gaya hidup kebanyakan dari kita yang lebih menyukai berbelanja pengalaman daripada membeli barang, anggapan “tidak mampu membeli rumah” tersemat begitu saja pada kita. Kita bisa mematahkan anggapan itu dengan melihat kemampuan bujet kita dengan harga satu rumah di salah satu klaster hunian di Kota Deltamas, yaitu Naraya Park.

Satu rumah di Naraya Park disodorkan dengan harga mulai dari kira-kira 390 juta rupiah, dengan cicilan mulai dari sekitar tiga juta rupiah. Jika kamu dan pasanganmu sama-sama bekerja dan memiliki penghasilan masing-masing sebesar enam juta hingga sepuluh juta rupiah, kalian sudah bisa memantapkan diri untuk mengambil satu rumah di Naraya Park. Namun, sebelumnya, cek jumlah tabungan kalian terlebih dahulu. Klik di sini untuk mengetahui lebih lengkap tentang Naraya Park … dan bersegeralah, karena klaster hunian di Kota Deltamas terjual cepat.

Naraya Park | Sumber gambar: Kota Deltamas

• Akses Mudah ke Mana Saja

Sumber gambar: Canva

Terletak di Jalan Tol Jakarta–Cikarang Km 37 (ke luar Cikarang Pusat) menjadikan Kota Deltamas strategis: suatu parameter bermukim yang krusial bagi kita yang bermobilisasi tinggi. Lokasi yang ramah akses ini kelak akan semakin memudahkan penghuni dalam beraktivitas di luar kawasan dengan rencana pembangunan Jalan Tol Jakarta–Cikampek dari arah utara dan Tol Jati Asih dari arah selatan.

Penghuni yang berkantor di ibu kota bisa menikmati layanan shuttle bus yang tersedia, dengan jalur Kota Deltamas–Jakarta. Pelaku industri di Kota Deltamas juga akan diuntungkan dengan rancangan pembangunan jalan tol baru dari Pelabuhan Tanjung Priok ke kawasan industri Cikarang yang digagas oleh pemerintah. Jadi, meski harus selalu terhubung dengan ibu kota, bermukim atau berkegiatan di “pinggiran” pun seseorang tetap bisa melakukan efisiensi waktu, tenaga, dan biaya.

Aksesibilitas yang mudah dan nyaman | Sumber gambar: Kota Deltamas

• Sarana Lengkap untuk Semua

Sumber gambar: Canva

Kita tidak perlu lagi meragukan fasilitas publik di Kota Deltamas, kota mandiri terintegrasi yang bertaraf internasional ini. Semua komponen keluarga bisa memenuhi kebutuhan mereka tanpa perlu keluar dari kawasan karena Kota Deltamas telah menyediakan berbagai sarana yang eksklusif. Lagi-lagi kita berbicara efisiensi.

Dari segi infrastruktur, Kota Deltamas menyediakan listrik PLN dengan layanan premium, kabel fiber optik untuk kecepatan komunikasi dan internet yang stabil, dan jalur gas PGN. Pusat kebugaran, rumah sakit, pusat perbelanjaan, pusat rekreasi, sekolah terpadu, hingga universitas berskala nasional (Institut Teknologi dan Sains Bandung, yang didirikan atas kerja sama Sinar Mas dan Institut Teknologi Bandung, terletak di sini) dan internasional dihadirkan untuk melengkapi kebutuhan penghuni beserta keluarga terkasih.

Layanan A sampai Z dapat ditemui di sini | Sumber gambar: Kota Deltamas

• Tempat Manis Bagi Para Pebisnis

Sumber gambar: Canva

Sebagai kota mandiri yang mengusung konsep bisnis, Kota Deltamas menjelma lokasi usaha yang berprospek. Angka peminat kawasan hunian, komersial, dan industri yang tinggi—jika mengecek situs web Kota Deltamas, kamu bisa lihat sebagian besar klaster telah habis terjual—menunjukkan besarnya kesempatan berbisnis. Kita ibaratkan begini: sejumput gula saja bisa menarik gerombolan semut.

Salah satu produk komersial terbaru yang saat ini tengah dipasarkan adalah Diamante, yang dekat dengan klaster hunian, kawasan industri GIIC, dan pusat pemerintahan (ya, Kantor Pemerintahan Kabupaten Bekasi berlokasi di Kota Deltamas). Jika otak dagangmu seketika memberi sinyal yang signifikan, segera cek Diamante di sini dan pastikan masih ada ruang usaha yang tersedia.

Kawasan komersial yang potensial | Sumber gambar: Kota Deltamas

• Konsep Industri yang Ramah Lingkungan

Sumber gambar: Canva

Sebagai wujud tanggung jawab dan kepedulian terhadap keberlangsungan penghijauan kota dan sekitar, Kota Deltamas selektif dalam menerima perusahaan-perusahaan yang ingin membuka pabrik mereka dengan memperhitungkan dampak lingkungan. Lahan hijau dikembangkan dan air limbah produksi diolah sehingga memenuhi standar Baku Mutu Lingkungan.

Dengan komitmen ini, Kota Deltamas ingin membuktikan bahwa kawasan industri bisa menjadi area yang segar, bersih, dan sehat, sehingga kenyamanan dan keamanan permukiman di sekitar senantiasa terjaga. Nah, Sobat Hijau, itu satu lagi alasan kita perlu mempertimbangkan Kota Deltamas sebagai kota mandiri tempat kita tinggal.

Kawasan industri GIIC yang hijau | Sumber gambar: Kota Deltamas

• Peluang Investasi dari Tahun ke Tahun

Sumber gambar: Canva

Tingginya minat konsumen terhadap Kota Deltamas terbukti dengan pencapaian memuaskan sales marketing pada semester pertama tahun 2018 senilai 561 miliar rupiah dari total target setahun senilai 1,25 triliun rupiah. Itu setara dengan 45% dalam waktu paruh tahun!

Menilik posisi Kota Deltamas sebagai kota mandiri yang prospektif dari segi perekonomian, tidak mengherankan jika banyak investor—bocoran: perusahaan-perusahaan tersohor dunia seperti Kohler dan Mitsubishi telah menduduki kawasan industri GIIC—dan pelaku usaha yang melirik genit. Kita bisa menerawang seberapa ingar kota mandiri ini hingga ke tahun-tahun berikutnya, dengan adanya pabrik-pabrik, kampus-kampus, tempat-tempat hiburan …. Kalau sudah, saatnya kita memikirkan pergerakan nilai tukar rupiah. Hanya ada satu kata: investasikan!

Kota Deltamas berpotensi besar untuk terus berkembang | Sumber gambar: Kota Deltamas

Kini, kamu yang tertarik barangkali sedang sibuk menghitung-hitung. Entah ingin mengambil rumah atau memesan lapak besar, sebaiknya kamu tidak berlama-lama. Kemas perlengkapanmu, Deltamas menunggu! [*]

***

Referensi:

http://kota-deltamas.com

https://www.gatra.com

https://economy.okezone.com